Berita

3 Faktor Kunci Kemenangan Chelsea atas Liverpool

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Chelsea mampu memenangi salah satu partai terpenting musim ini yakni pertandingannya melawan Liverpool dengan skor 1-0. Dengan kemenangan ini membuat kompetisi untuk masuk 4 tim yang lolos ke Liga Champion musim depan menjadi semakin sengit.

Setidaknya ada 3 faktor yang membuat Chelsea mampu membungkam tamunya dari kota The Beatles semalam.

1. Semua pemain Chelsea tampil baik

Berdasarkan rating dari whoscored.com, dari 11 pemain inti yang diturunkan Antonio Conte malam tadi tidak ada yang mendapat nilai 6. Pemain “terburuk” di Chelsea malam itu adalah Azpilicueta dimana ia hanya mendapat nilai 7. Nilai 7 secara rata-rata sebenarnya sudah menunjukkan permainan yang baik. Jadi dengan kata lain sebagian besar pemain Chelsea pada pertandingan ini bermain di atas rata-rata.

2. Matinya Salah

Terlepas penampilan fenomenal Liverpool musim ini, akan tetapi mengalahkan Liverpool sebenarnya mudah. Fenomenalnya Liverpool musim ini tak lepas dari keajaiban yang diberikan oleh Mohammad Salah. Saat Salah mampu menunjukkan sihirnya maka Liverpool pun berjaya. Dengan teori ini maka jadi mudah untuk menaklukkan Liverpool, yakni matikan saja Salah maka Liverpool akan kelimpungan, dan itulah yang sukses dilakukan oleh pemain-pemain Chelsea.

Tentu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara mematikan Salah. Jawabanya tentu disesuaikan dengan kondisi setiap tim dan strategi yang akan dipakai dimana setiap tim memiliki pendekatan yang berbeda-beda.

Chelsea melakukannya dengan memenangkan lini tengah. Lini tengah chelsea yang dihuni 5 pemain mampu mematikan 3 gelandang Liverpool. Matinya gelandang Liverpool membuat trio penyerang Liverpool terisolasi, khususnya Salah, dan begitulah cara mematikan Salah menurut Chelsea. Buruknya rating yang didapat Salah mengkonfirmasi suksesnya para pemain Chelsea mematikannya.

Secara keseluruhan 5 pemain gelandang Chelsea lebih baik ketimbang 3 gelandang Liverpool, khususnya Victor Moses yang mencatatkan assist untuk Oliver Giroud

3. Gemilangnya Hazard

Tidak mungkin untuk tidak menyebut Eden Hazard dalam faktor kemenangan Chelsea kali ini. Pemain Belgia ini adalah motor serangan the Blues. Dribble khasnya mampu merepotkan lini belakang Liverpool.

Selain dribble, umpan-umpannya pun sangat akurat dan di waktu yang tepat. Dia bisa memutuskan kapan harus men-dribble dan kapan harus mengumpan. Inilah specialnya Hazard, biasanya pemain yang jago dribble kurang dalam passing, begitu sebaliknya pemain yang jago passing maka dia tidak pandai men-dribble. Sedangkan Hazard adalah pengecualian, setidaknya tadi malam, baik dribble maupun umpannya sama-sama bagus. Tak heran menurut whoscored.com Hazard adalah Man of the Match pertandingan tadi malam meski dia tidak mencetak gol maupun assist.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •