Opini

Bedah Taktik Debut Pertama Sarri di Chelsea

Maurizo Sarri mencatatkan debut manis dalam tugasnya sebagai pelatih Chelsea dengan meraih positif. Chelsea meraih kemenangan 1-0 atas Perth Glory FC dengan skor 1-0, Senin (23/7/2018).

Gol kemenangan Chelsea dicetak oleh Pedro Rodrieguez pada menit kelima. Pedro berhasil memanfaatkan umpan Hudson-Odoi dari sisi kanan pertahanan lawan dan disambut dengan sontekan voli dari pemain asal spanyol tersebut.

Banyak publik yang menunggu pertandingan ini karena ingin melihat bagaimana permainan Chelsea di tangan Sarri. Hal ini mengingat Sarri terkenal dengan gaya permainannya yang atraktif.

Berikut beberapa catatan mengenai taktik yang dijalankan Sarri pada partai debutnya ini.

Kembali ke 4-3-3
Saat conte datang pada tahun 2016 dia merevolusi lini pertahanan ddengan memainkan 3 bek sentral. Formasi 3-4-3 berhasil mengantarkan Chelsea juara di musim 2016/2017 namun gagal total di musim berikutnya. Sarri datang dan mengembalikan kembali formasi bekke 4 bek dengan formasi permaianan 4-3-3.

Peran Hudson Odoi dan Ros Barkley dan David Luiz

Ketiga pemain sepertinya akan sering menghiasi line-up Chelsea musim depan. Hudson Odoi membuat bek kanan Perth Glory kocar-kacir dan sukses mecatatkan satu assist. Ros barkley tampak lebih menonjol saat didorong lebih ke depan dalam membantu serangan. Semenara David Luiz menjadi 1 dari 3 pemain lain yang turun selama 90 menit. Barangkali Sarri ingin menilai tingkat kebugaran dari bek Brazil ini karena semusim lalu dia akrab di bangku cadangan karena cedera.

Centralnya peran Jorginho

Dikutip dari Daily Mail, Jorginho mampu melakukan 101 sentuhan bola dan 98 umpannya sukses dalam 45 menit. Jika dirata-rata, Jorginho melepaskan umpan setiap 27 detik.

Sepanjang babak pertama, Jorginho rajin menjemput bola dan mengopernya ke berbagai penjuru lapangan saat timnya menekan lawan.

Ketika Jorginho ditarik di babak kedua, Chelsea seolah kehilangan ruh permainannya meski masih ada Cesc Fabregas. Secara tersirat, Sarri mengakuinya usai pertandingan.

Baca Juga:

10 Pesepakbola Muslim Termahal