Opini

Bukan Donnarumma, Ini Faktor Terbesar Penyebab Kekalahan Milan atas Juventus

Banyak orang mungkin menganngap kekalahan Milan karena kesalahan Donnarumma. memang benar dia membuat error, bahkan dua kali, tapi itu bukan sebab utama. Ada sebab lain yang lebih fundamental.

Hingga menit ke 55 Milan baik-baik saja dan masih ketat menghadang serang-serangan Juve, dan sesekali juga mengancam pertahanan si nyonya tua.
Dengan kata lain kedua tim menemui situasi deadlock hingga menit ke-55. Akan tetapi yang menjadi faktor pembeda utama antar kedua tim adalah Juventus mampu merubah strategi permainan untuk merubah hasil.

Perubahan strategi permainan inilah yang tidak dimiliki oleh skuat asuhan Gattuso. Beberapa kali dalam sejumlah pertandingan, jika Milan mengalami situasi deadlock maka Milan tak memiliki strategi cadangan, mereka tak punya plan B jika plan A gagal. Paling maksimal mereka hanya mengganti beberapa pemain yang tampil buruk di lapangan saat itu, akan tetapi dari segi strategi permainan tidak berubah.

Kondisi tak begitu merugikan jika gawang mereka tidak kebobolan dan masih happy dengan hasil 0-0 seperti saat melawan Napoli beberapa waktu lalu. Namun adalah petaka saat mereka sudah menemui situasi deadlock, mereka juga sudah kebobolan, dan itulah yang terjadi pada pertandingan kemarin waktu melawan Juventus. Masih ditambah kebobolannya karena error sang kiper muda yang membuat mental Milan makin jatuh.

Hal yang bisa dimaklumi sebenarnya mengingat Gennaro Gattuso hanyalah pelatih pengganti di tengah musim. Jadi memang pemain yang ada di skuat Milan saat ini tidak disiapkan oleh dan untuk Gattuso. Jadi Gattuso tidak leluasa dalam merancang strategi permainan. Musim ini memang sebenarnya dia hanya ditugaskan untuk membenahi AC Milan agar tidak makin terpuruk saat ditangani Vincenzo Montella. Maka dari itu filosofinya memang hanyalah sekedar menambal kapal bocor agar tidak makin karam, bukan membuat kapal agar melaju makin kencang.

Hal ini tentu bisa menjadi catatan bagi Gattuso ke depannya dalam menyiapkan skuat AC Milan agar lebih memiliki variasi dalam skema permainan.