Berita Spesial

Bukan Juve atau Milan, Ini Dia Tim “Invicibles” Pertama Serie A

Musim 1978-1979 tercatat sebagai musim yang spesial bagi Serie A. Banyak hal yang terjadi musim itu, ada sesuatu yang mengejutkan banyak pihak musim itu. Selain karena akhirnya AC Milan berbuka puasa setelah menahan tidak Scudetto selama 11 tahun lamanya, sejarah tim yang tidak pernah terkalahkan sepanjang musim akhirnya untuk pertama kalinya terukir.

Sejarah itu diukir oleh AC Perugia. Perugia berhak menyandang “invicibles” untuk pertama kalinya. Namun sayang, Perugia waktu itu gagal meraih gelar juara dan berada dibawah AC Milan. Rekor yang baru bisa disamai oleh AC Milan di musim 1991-1992 dan Juventus di musim 2011-2012.

Dari 30 kali pertandingan yang dilakoni waktu itu, Perugia mendapat 19 kali hasil seri dan hanya kebobolan 16 gol. Hasil seri yang terlalu banyak tersebut membuat Perugia gagal meraih Scudetto waktu itu. Pertahanan mereka sangat hebat, begitu kompak, rapat dan padat sehingga mereka hanya kebobolan satu gol per dua pertandingan selama satu musim.

Namun yang jadi masalah bagi Perugia waktu itu adalah lini depan mereka yang kurang tajam. Meski mereka jarang sekali kebobolan namun mereka juga sulit mencetak gol, itu sebabnya mereka begitu banyak menuai hasil seri.

Musim 1978-1979 tersebut menjadi musim yang memang spesial bagi serie A. Perugia yang memang tidak pernah diakui kehebatannya itu memang mebuat publik terheran-heran, bagaimana bisa mereka sama sekali tidak mendapatkan kartu selama satu musim, bahkan tidak ada satu pun kartu kuning.

Perugia terus memberi perlawanan sengit kepada AC Milan yang waktu itu di bawah kepimimpinan Gianni Riveria. Mereka bertempur dengan berani sampai akhir kompetisi. Mereka sama sekali tidak memiliki banyak sumber daya pemain dan juga kemampuan finansial, namun mereka bermain begitu luar biasa. Bravo Perugia!

Mereka menyebutnya keajaiban dan terus melakukannya … Banyak yang bisa dikatakan tentang Perugia yang tak terkalahkan, tentu bukan karena itu berasal dari campur tangan ilahi. Melainkan, hasil lima tahun kerja serius dilakukan oleh orang-orang yang serius. […] Tim pertama yang mampu memainkan seluruh kejuaraan Serie A tanpa kalah dalam pertandingan adalah sebuah mahakarya. Bravura. Menggertak. Berbakat.  – Xavier Jacobelli, Wartawan Italia