Opini

Chelsea Menurun Karena Hazard? Mari Kita Lihat Catatan Statistik

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Eden Hazard adalah pemain bintang Chelsea. Sebagaimana lazimnya pemain bintang dia akan dibebani performa klubnya. Jika performa klubnya menurun maka pemain bintang tersebutlah yang biasanya dijadikan kambing hitam. Nah, logika seperti itulah yang sedang dialami oleh Eden Hazard.

Performa Chelsea akhir-akhir ini sangat menurun dan itu ditengarai karena menurunnya performa Hazard. Benarkah demikian?

Untuk menjawabnya mari kita lihat catatan statistik.

Analisis statistik kita mulai dari performa Chelsea di paruh pertama musim ini. Di 19 pertandingan awal Chelsea mengumpulkan 39 poin dengan menempati posisi ke 3. Bahkan di akhir tahun 2017, Chelsea berhasil menggusur Manchester United untuk duduk di posisi runner-up klasemen sementara Liga Inggris dengan 45 poin, unggul 1 poin lebih dari anak asuhan Mourinho.

klasemen liga inggris paruh musim pertama
klasemen liga inggris paruh musim pertama

Sementara memasuki tahun 2018, performa Chelsea anjlok drastis. Jika kompetisi dihitung mulai dari 1 Januari 2018 maka Chelsea berada di posisi 14 dengan raihan poin cuma sebanyak 12 poin. Poin itu adalah hasil dari 3 kali menang, 3 kali imbang dan 5 kali kalah. Sementara selisih gol minus 2.

klasemen Liga Inggris jika dimulai dari 1 Januari 2018
klasemen Liga Inggris jika dimulai dari 1 Januari 2018

Lalu apakah menurunnya Chelsea ini disebabkan menurunnya peforma Hazard? Untuk menjawabnya mari kita lihat catatan statistik kembali. Jika catatan statistik Hazard juga menunjukkan ada penurunanan maka argumen menurunnya Chelsea karena menurunnya performa Hazard bisa dibenarkan.

Berikut catatan statistik Hazard di Liga Inggris 2017/2018.

Hazard 2017/18Shots/90 Chances/90Touches in opp box/90Dribbles/90 Shot conversion
Sebelum 1 Jan 2.72.96.7 6.114.7%
Setelah 1 Jan2.5 3.66.66.0 23.8%

Dari catatan statistik tersebut bisa kita lihat bahwa sebenarnya tidak banyak perbedaan performa Hazard di paruh musim pertama dengan kedua. Bahkan untuk catatan statistik menciptakan peluang (chances/90) dan konversi gol (Shot conversion) Hazard lebih baik di paruh musim kedua. Kolom Chances/90 memberi arti bahwa Hazard menciptakan peluang lebih banyak dalam satu pertandingan di paruh musim kedua. Sedangkan Shot conversion artinya Hazard mampu mencetak gol lebih banyak dari total tembakannya di paruh musim kedua.

Dengan analisis seperti itu maka argumen bahwa Chelsea menurun karena Hazard tidak bisa dibenarkan. Catatan statistik membuktikan bahwa performa Hazard tidak berubah antara paruh musim pertama dengan kedua.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •