Opini

Evan Dan Ilham Udin, Bermainlah Asal Bukan di Malaysia!

Ketua umum PSSI Edy Rahmayadi melarang aset berharga sepak bola Indonesia Evan Dimas dan Ilham Udin bermain di Liga Malaysia adalah sebuah lelucon yang maklum di sepak bola negeri ini. Dalam beberapa tulisan tim dioper.com Italia seharusnya mencontoh Indonesia, atau mahzab sepak bola Indonesia pasal 1, memang menggambarkan apa yang menjadi alasan Edy melarang kedua pemain itu bermain di liga negeri jiran itu.

Alasan Edy yang berusaha dibuat selogis mungkin adalah, Liga Indonesia jauh lebih baik dibanding liga Malaysia, sampai urusan besaran gaji dia menganggap bahwa tim Indonesia tak kalah royal untuk menggaji pemain (meski sering telat). Namun jika kita review Liga Indonesia musim lalu mungkin maklum juga ketika banyak kalangan yang nyinyir dengan pendapat Edy Rahmayadi. Biarkanlah mereka bermain di Malaysia, toh Liga kita juga amburadul begini, mereka akan semakin berkembang disana, itulah alasan logis para pendukung Evan dan Ilham Udin.

Baca lagi Italia seharusnya mencontoh Indonesia, bahwa sepak bola negeri ini mempunyai target yang tidak muluk-muluk dalam membangun sepak bola, asal jangan kalah lawan Malaysia!!. Itulah kira-kira sentimen sang jenderal yang tidak mungkin disuarakan ke publik. Lantas bagaimana seharusnya kita berpendapat, Evan Dimas dan Ilham Udin serta pemain-pemain lain hanya layak bermain di Liga asal bukan Malaysia atau bermainlah dimana saja asal jangan lagi di Liga Indonesia???.

Entahlah, yang jelas mahzab sepak bola kita jelas. Menjadi haram jika kita kalah melawan Malaysia, Wajib menang jika saat lawan Malaysia!. Lalu najiskah jika para pemain Indonesia bermain di liga Malaysia?, perlu rapat Majelis Ulama Balbalan untuk menentukan hukum ini haha. Slogan yang paling keras adalah, POKOKE OJO MALAYSIA!, pokoknya bukan Malaysia, POKOKE OJO NGANTI KALAH KARO MALAYSIA, pokonya asal tidak kalah lawan Malaysia. Kira-kira itu pesan moral yang ingin disampaikan Sang Jenderal. Menarik bukan?.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *