Berita Preview

Klopp Beberkan Strategi Kalahkan Real Madrid

Liverpool akan menghadapi Real Madrid dalam partai Final Liga Champion Minggu (27/5/2018) dini hari nanti di Kiev, Ukraina. Liverpool akan mencoba menggaet gelar Liga Champion mereka untuk yang ke-6 kalinya.

Liverpool tampil luar biasa musim ini di Liga Champion, dengan gaya permainan mereka yang cepat, mereka mampu mencetak 40 gol dalam Liga Champion musim ini-tertinggi di antara kontestas lain.

Mereka sangat produktif tetapi juga sangat rawan di belakang. Menyikapi hal itu, Klopp membeberkan bahwa dia bisa saja merubah taktik permainan kala menghadapi Madrid nanti.

Klopp mengaku dia tidak memiliki pakem baku saat dia datang ke Liverpool. Dia hanya berkonsentrasi kepada setiap pertandingan dan menyesuaikan taktik yang tepat.

“Saya tidak pernah memikirkan filosofi (sepak bola). Saya hanya memikirkan permainan,” ujarnya seperti dikutip dari laman Express.co.uk.
“Kami selalu berusaha memainkan sepak bola yang cocok dengan (karakter) pemain” lanjutnya.

Meskipun begitu, Klopp membeberkan bahwa perubahan taktiknya tidak frontal. Klopp tetap mempertahankan karakter permainan Liverpool saat ini, dan baru kemudian gaya permainan itu akan sedikit disesuaikan dengan apa yang ditampilkan Madrid nanti.

“Pertama, saya percaya dengan kekuatan kami sendiri, dan kemudian kami akan mencoba menyesuaikan dengan apa yang dimainkan oleh lawan, jadi komposisinya 50/50,” bebernya.

Menarik untuk melihat permaianan seperti apa yang akan ditampilkan Liverpool nanti malam. Musim ini Liverpool terkenal dengan gaya permainan direct football cepat. Mereka terbiasa menunggu untuk diserang kemudian saat bola berhasil direbut, bola akan langsung didistribusikan ke trio penyerang Firmansah (Firmino-Mane-Salah). Dengan mengandalkan kecepatan trio penyerang mereka, mereka kerap merepotkan lini pertahanan lawan dan mencetak gol.