Berita pilihan Spesial

Lawan Islandia : Kalah Wirang, Menang Ora Kondang

Dikutip dari wikipedia, Islandia adalah sebuah negara Nordik yang terletak di sebelah barat laut Eropa dan sebelah utara Samudera Atlantik, yang terdiri dari Pulau Islandia dan beberapa pulau kecil disekitarnya. Islandia terletak 300 kilometer di sebelah timur Greenland dan 1.000 kilometer dari Norwegia. Negara memiliki populasi sebanyak 332.529 penduduk dan luas 103.000 km persegi, menjadikannya negara dengan penduduk terjarang di Eropa.  Ibukota dan kota terbesar di negara ini adalah Reykjavík. Reykjavík dan sekitarnya adalah tempat tinggal bagi dua pertiga populasi.

Itulah sekilas informasi dari Islandia, Negara yang akan bertanding dengan timnas Indonesia Januari mendatang. Islandia adalah debutan di Piala Dunia mendatang, yang menjadi fenomenal adalah negara ini terhitung sangatlah kecil. Dibanding dengan Indonesia yang besarnya minta ampun, tentunya menjadi sebuah Ironisme tersendiri bagi sepak bola Indonesia. Kira-kira itulah isu pertandingan persahabatan itu.

Di Indonesia ini sepak bola setiap detik hampir selalu dibicarakan oleh semua orang, namun Indonesia boro-boro mau seperti Islandia, mengalahkan Malasiya saja sudah menjadi prestasi. Ditengah mulai terbangun lagi antusiasme suporter sepak bola indonesia pasca dihukumnya PSSI oleh FIFA, bangsa ini seoalah risih oleh kabar Islandia bisa menembus Piala Dunia 2018 mendatang.

Singkat cerita, Indonesia mengundang Islandia untuk latih tanding dengan Indonesia Selection (mungkin bukan timnas ya) untuk beradu langsung dengan Bangsa kecil itu. Siapa tahu kalau Indonesia menang, Indonesia bisa mendapatkan wild card untuk tampil langsung ke Piala Dunia 2018, haha.

Namun kenapa harus Islandia yang dipilih. Saya jadi teringat oleh peribahasa Jawa, kalah wirang menang ora kondang [kalah malu, memang tidak terkenal]. Lalu pertanyaanya adalah, diperuntukan ke tim manakah peribahasa itu. Jika Islandia menang maka wajar saja, Islandia sudah menjadi tim elit dunia karena lolos Piala Dunia, Islandia tidak akan dapat pujian apapun. Tapi, jika Islandia kalah dengan statusnya adalah kontestan Piala Dunia 2018, maka Islandia akan mendapatkan malu kepalangtanggung.

Lalu jika anggaplah Indonesia menang, dengan status Bangsa yang besar, mempunyai sejarah Nusantara yang begitu berwibawa, penduduknya juga begitu banyak, maka apa yang perlu dibanggakan menang melawan Islandia, sudah menjadi sebuah kewajaran. Tapi, jika indonesia kalah dengan Islandia, maka nampaknya Gajah Mada akan kebingungan menaruh mukanya dimana melihat para cucunya kalah dengan bangsa keturunan Biarawan Irlandia itu. Bukan berarti merendahkan Biarawan Irlandia, namun Islandia terlalu kecil untuk dibandingkan dengan Nusantara ini. Jadi, Bangsa indonesia juga akan mendapatkan malu yang luar biasa jika kalah dengan Islandia.

Atau bisa jadi begini, Islandia merasa dia sudah kuat sepak bolanya dan Indonesia merasa terhina negara kecil seperti Islandia masuk Piala Dunia, maka peribahasa yang pas adalah menang jadi arang kalah jadi abu. Yang artinya kira-kira kedua tim akan sama-sama hancur setelah pertandingan selesai. Ah, sudahlah masih ada julukan bagi Nusantara yaitu Magkubumi. Indonesia adalah pengayom seluruh dunia, Kasihan Islandia jika harus kalah di Maguwoharjo nanti.

 

by Al-Muly

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *