Opini pilihan

Mahzab Sepak Bola Indonesia Pasal 1

by Al-Muly

Hanya di Indonesia, sepak bola diperlakukan spesial. Betapa tidak, Indonesia punya sepak bola yang anomali di seluruh dunia. Sepak bola Indonesia punya sudut pandang sendiri soal sepak bola. Pokoknya semua bahagia, permasalahan selesai.

Di Indonesia, syarat tim bisa juara tidak ribet, punya dana cukup untuk mengontrak pemain  (sering gaji telat), ada stadion, siap untuk memberikan pelayanan terbaik untuk perangkat pertandingan, dan ada suporter. Untuk variabel terakhir, Liga 1 musim ini punya anti teori tersendiri.

Sepak bola Indonesia tidak perlu ribet seperti di luar negeri. Harus punya tim usia dini, usia junior, usia remaja atau sebutlah academy. Tidak perlu punya fasilitas latihan yang berbasis ilmu kekinian, tidak perlu adanya yang ribeeeet pokoknya. Tidak perlu serius, dan waktu lama.

asal supporter senang, Tv punya rating bagus, kalau bisa klub bisa ambil untung, agenda politik tersalur, selama semua itu terpenuhi sepak bola Indonesia tidak perlu se serius sepak bola sebut saja di Inggris atau kalau terlalu jauh, kita pakai komparasi dengan Liga Jepang saja.

Persebaya juara Liga 2 dan Bhayangkara Fc juara 1 adalah sample terkini soal ketidakribetan tim Indonesia menjadi juara. Indonesia punya mahzab sendiri soal sepak bola.

 

bersambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *