Berita Spesial

Meski Tersingkir Dari Piala Presiden, Persib Masuk 20 Besar Klub Terpopuler Se-Dunia

Persib Bandung memang telah tersingkir dari Piala Presiden 2018. Hal ini tentunya menjadi pukulan berat bagi Maung Bandung terutama bagi jutaan Bobotoh, supporter fanatik Persib. Meski diperkuat oleh beberapa pemain bintang sekelas Michael Essien dan mengimpor pelatih Argentina sekelas Mario Gomez, ternyata tetap tak sanggup mendongkrak performa Persib. Terbukti dari tiga laga yang dijalani, Persib hanya mampu menang sekali atas Sriwijaya F.C dan harus mengakui keunggulan PSMS Medan dan PSM Makasar. Langkah Sang Maung di Piala Presiden 2018 pun terhenti.

Meski begitu, ternyata kegagalan Persib di Piala Presiden tidak mempengaruhi peringkat mereka dalam daftar 20 besar klub paling populer se-dunia yang diterbitkan oleh situs thetoptens dalam kategori Best Football (Soccer) Clubs in The World. Dalam daftar peringkat yang ditentukan lewat voting warganet tersebut Persib menduduki peringkat ke-12, di atas Paris Saint German (PSG) dan Internazionale. Bahkan pada Maret tahun lalu Persib sempat menduduki peringkat ke-6, mengalahkan Arsenal, Juventus, Liverpool dan Ac Milan.

Baca Juga : Persib Kalahkan Inter Milan dan PSG Soal Popularitas

Bukan hal yang aneh sebenarnya jika popularitas Persib mampu mengalahkan klub-klub besar Eropa semacam PSG dan Inter Milan. Pasalnya Persib adalah klub yang memiliki basis penggemar yang sangat luas secara geografis yaitu se-Jawa Barat, provinsi yang memiliki jumlah penduduk puluhan juta orang. Apalagi popularitas Persib semakin melesat setelah musim lalu mendatangkan mantan pemain Chelsea, Michael Essien. Tentunya dunia sepak bola seketika gempar, mau apa Essien di Persib?

Baca Juga:

10 Pesepakbola Muslim Termahal