Berita Opini pilihan

Pengaturan Pertandingan Sangat Mungkin Terjadi?

Sebenarnya kegagalan dan kekalahan adalah hal yang lumrah terjadi di dunia sepak bola. Bahkan dalam sebuah sistem pertandingan tertentu memang mengharuskan untuk menghasilkan sebuah kemenangan. Namun yang sering menjadi dinamika permasalahan adalah bagaimana proses sebuah tim gagal atau sukses menuntaskan sebuah pertandingan.

Salah satu kasus yang sedang hangat adalah pertandingan Real Madrid melawan tamunya dari Italia, Juventus. Pertandingan itu masih hangat dibincangkan banyak orang dalam sepekan terakhir.

Jika dilihat dari semua sisi, maka pertandingan tersebut menjadi hal yang menggembirakan bagi Madrid, sedangkan Juventus bisa saja menerima kekalahan itu dengan legowo. Jika wasit dituduh menjadi biang kegagalan Juve maka jawabannya bisa sangat manusiawi, wasit juga manusia yang tidak luput dari keliru.

Namun keputusan wasit tersebut justru kian membuka cakrawala para penikmat sepak bola, bahwa sepak bola adalah alat eksploitasi uang baik itu dari aliran garis putih maupun aliran garis hitam.

Pinalti yang diberikan kepada Madrid di menit-menit akhir tidak bisa diterima sebagai sebuah kesalahan wasit, namun tuduhan semakin melebar jika pertandingan tersebut bisa saja sudah “terbeli”. Meski sampai sekarang semua itu hanya sebatas asumsi dan dugaan tanpa bukti. Bahkan kini Micahael Oliver dan istrinya mendapatkan ancaman pembunuhan.

Beredarnya foto penjualan tiket AS Roma dan Liverpool kian menjadi bumbu penyedab tuduhan bahwa UEFA sudah dikuasai aliran hitam. Jika kita perhatikan lebih jeli, gol-gol yang dihasilkan AS Roma ketika melawan Barcelona juga terkesan terlalu mudah. Sekali lagi, bahwa semua ini hanya sebatas asumsi belaka.

Sebagai penikmat sepak bola, kita memang tidak bisa menampik pengaturan skor di dunia sepak bola memang bisa saja benar adanya. Kasus Calciopoli misalnya, terlepas kebenaran dan keabsahannya masih sering diperdebatkan. Namun, kasus tersebut menunjukkan bahwa pengaturan pertandingan memang mungkin dilakukan di sepak bola.

Sepak bola Indonesia juga sangat akrab dengan isu pengaturan skor. Meski sampai sekarang tidak pernah benar-benar bisa mengungkap siapa dalang perusak dunia olahraga ini.

Baca Juga:

10 Pesepakbola Muslim Termahal