pilihan Spesial

Pertapa Sepak Bola Nusantara

by Al-Muly

 

Jika Indonesia mempunyai mahzab sendiri soal sepak bola, maka tidak untuk satu orang ini. Orang ini sang pertapa sejati, dia dari kasta ksatria, dia orang yang senantiasa bersedekah. Dalam mahzab sepak bola pasal 1, intinya adalah sepak bola indonesia tak mau ribet. Orang ini mau ribet, mau ber lelah-lelahan dalam hal sepak bola Bangsa ini.

Orang ini mau berdamai dengan segala macam keadaan perihal usahanya dalam membangun peradaban baru sepak bola Nusantara. Segala macam perangkat yang dia butuhkan dalam membangun peradaban baru ini sangatlah sedikit ia temui di Indonesia. Namun dalam segala keterbatasan itu, orang ini pernah membuat bangsa ini bersorak, pernah membuat Bangsa ini lupa sejenak dengan penderitaanya.

Orang ini berulangkali harus disakiti oleh penganut mahzab sepak bola Indonesia. Orang ini pernah tak dikenal siapapun, pernah tidak dianggap penting sama sekali. Namun Tuhan berkehendak lain, orang ini lantas menjadi orang yang paling sering dibicarakan di angkringan dan warung kopi, menjadi orang terkenal di seantero negeri. Dalam masa puncaknya itulah Tuhan juga menunjukkan bahwa menjadi orang berjasa itu tidak selalu harus diberi ungkapan terima kasih, bahkan seorang pahlawan itu juga harus rela dikhianati. kejadian ini berulang kali ia harus terima.

Disaat ini lah kita bisa melihat apa yang sebenarnya dia cari selama ini. Menjadi terkenal, naik jabatan, kariernya menanjak, punya penghasilan yang melimpah, atau orang ini benar-benar tulus ingin membangun peradaban baru sepak bola Nusantara.  Mewujudkan kembali kejayaan Nusantara.

Menjadi yang terpenting itu bukan yang didepan, menjadi yang paling kuat itu bukan diatas, menjadi yang “terpaling” itu tidak harus selalu terkenal dan dibicarakan banyak mulut. Kita harus percaya bahwa Nusantara bisa bangkit melalui jalan yang ditempuh orang ini. Meski harus selalu tersakiti, terbuang, dan didzolimi, kebangkitan sepak bola Nusantara berada dipundaknya. Sejauh ini, hanya orang inilah yang mampu menampung beban yang begitu berat. Tidak banyak orang yang mau menempuh jalan yang begitu sunyi seperti dia. Dia adalah pertapa dalam aliran mahzab sepak bola Indonesia. Orang ini adalah Indra Sjafri. Sang pertapa sepak bola Indonesia, sang Ksatria dalam sepak bola Nusantara.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *