Berita

PSSI Jalin Kerja Sama dengan Negeri Tsubasa

Langkah bagus diambil oleh PSSI dalam usahanya membangun sepak bola Indonesia. Dilansir dari pssi.org PSSI mengumukan program baru mereka dengan negeri kapten Tsubasa berasal, Persatuan Sepak bola Indonesia dan Federasi Sepak bola Jepang (JFA) sepakat untuk menjalin kerja sama dalam membangun sepak bola. Pendatanganan kerja sama dilakukan di Hotel Prince Park Tower Tokyo.

Dalam penandatanganan kerja sama ini, pihak PSSI diwakili Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono yang didampingi Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. Sementara dari JFA diwakili Presiden JFA Tashima Kozo dan Sekjen JFA Kazumichi Iwagami.

Setidaknya ada lima poin kerja sama yang disepakati. Kelima poin tersebut, yakni referee development, exchange competencies (management, courses and project), youth and grass root, friendlies matches all ages dan popularity of football.

Ratu Tisha Destria menjelaskan, PSSI memahahi bahwa sepak bola Indonesia mengalami periode yang sulit dari akhir tahun 2010 hingga 2016. Situasi ini membuat Indonesia jauh tertinggal dari negara-negara di Asia untuk bisa bersaing di level Asia.

Sepak bola pun tidak hanya bicara prestasi timnas. Akan tetapi juga bicara langkah-langkah dan strategi untuk mencapai prestasi itu. “Jadi tidak hanya bicara pemain, tetapi juga bicara apa yang mendukung mereka, untuk mencapai performa terbaik. Pelatih, pemain, wasit, manajemen, organisasi, good governance, pembinaan pemain usia muda, bisnis, media, keanggotaan, dan hubungan internasional. Adalah hal-hal yang membungkus sepak bola modern yang perlu PSSI kejar,” ungkap Tisha.

Joko Driyono menambahkan, untuk mengejar ketertinggalan lebih cepat, PSSI memerlukan partner seperti JFA yang sudah punya pengalaman dan kemampuan membangun sepak bola Jepang dengan baik dan pesat. “Kami sangat berterima kasih kepada pihak JFA yang membuka peluang kerja sama ini. Kita akan bekerja sama membangun sepak bola,” kata Joko.

Jepang pun tetap membutuhkan partner dan kerja sama dengan pihak luar karena mereka juga ingin selalu update seperti dalam hal perubahan manajemen. Mereka juga tengah berupaya keras untuk lebih mempopularkan sepak bola di Jepang.

Tashima Kozo meyakini bahwa kerja sama JFA dengan PSSI akan membawa manfaat yang sangat besar dalam hal pertukaran pemikiran untuk pengembangan sepak bola Asia. Kerja sama ini juga sangat berarti untuk mengangkat popularitas sepak bola di Jepang.

Dalam kesempatan itu, Tashima Kozo juga menyampaikan apresiasi terhadap PSSI yang bangkit setelah mengalami periode sulit bertahun-tahun dari tahun 2010. “Namun, saya yakin dengan potensi yang besar ditambah komitmen dan kompetensi yang kuat dari pengurus PSSI, sepak bola Indonesia bisa bangkit,” ujarnya.

Semoga segera menimbulkan efek yang bagus bagi perkembangan sepak bola Indonesia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *