Berita Opini

Siapkah Inter Milan Berlaga di Grup Neraka?

Bagaimanapun, Inter Milan adalah tim besar dengan sejarah panjang di Serie A maupun di Eropa, Meski sempat terlempar dari persaingan juara di Serie A dan absen lama di Liga Champion. Sampai saat ini, Inter Milan masih menyandang sebagai satu-satunya tim dari daratan Italia yang mampu meraih treble winner.

Hal tersebut menjadi alasan kenapa di grup B Liga Champion musim ini disebut sebagai grup neraka. Barcelona, Tottenham Hotspur dan PSV Eindhoven mewakili Eropa untuk menyambut kembalinya Inter Milan di Liga Champion.

Tentu menjadi hal yang tidak mudah bagi Inter Milan untuk menjalani “debut” setelah hampir enam musim puasa atsmosfer tinggi di Liga Champion. Bertemu dengan tim-tim mapan Eropa, Inter Milan terlihat jauh lebih inferior.

Betapa tidak, meski mempunyai capaian lumayan di bursa transfer, Inter Milan harus kehilangan enam pemain yang tidak bisa diikutsertakan berlaga melawan tim-tim di grup neraka tersebut karena hukuman Financial Fair Play yang harus Inter Milan jalani.

Skuad Inter Milan masih berisikan beberapa pemain yang jarang merasakan tekanan tingkat tinggi di kompetisi tertinggi di Eropa tersebut. Inter hanya memiliki pemain seperti Radja Nainggolan dan Joao Miranda yang pernah merasakan atsmosfer itu. Selebihnya, Inter Milan dihuni pemain potensial yang minim pengalaman di Liga Champion.

Keluarnya pemain seperti Antonio Candreva, Matias Vecino, Roberto Gagliardini, Joao Mario, Henrique Dalbert dan Tommaso Berni membuat Inter Milan memiliki pekrjaan yang berat di Liga Champion jika mereka tidak ingin hanya numpang lewat musim ini.

Namun, sejarah panjang dan status menjadi salah satu raksasa sepak bola Italia bisa dijadikan senjata tersendiri bagi skuad anak asuhan Luciano Spalletti tersebut untuk mengarungi grup berat tersebut.

Penampilan yang jauh dari harapan di dua laga awal Serie A juga membuat Inter Milan harus terus membenahi pekerjaan rumah jauh lebih cepat. Milan Skriniar dkk harus melakukan respon yang cepat terhadap hasil negatif dua pekan ini.

Jika tidak, Inter Milan bisa sangat kesulitan menjalani “debut” kembalinya ke Liga Champion. Siapkah Inter Milan kembali ke Liga Champion? Sebelumnya Spalletti begitu yakin dirinya mempunyai skuad yang benar-benar dia butuhkan untuk menjalani musim yang berat karena harus berlaga di Eropa.

Di sisi lain, musim ini adalah kesempatan pemain-pemain seperti Ivan Perisic, Mauro Icardi, Milan Skriniar, Samir Handanovic untuk membuktikan bahwa mereka layak menyandang sebagai pemai top Eropa.

Baca Juga:

10 Pesepakbola Muslim Termahal